Home / News / Biarkan Anak Berimajinasi dengan Properti Ini Pada Kamarnya

Biarkan Anak Berimajinasi dengan Properti Ini Pada Kamarnya

“Duh.. Jangan coret-coret di tembok nak!” Eits Bunda, jangan salah loh ternyata kegiatan anak mencoret tembok adalah hal yang wajar. Selain itu, kegiatan ini adalah hal yang bisa membuat anak memiliki kemampuan imajinasi yang tinggi dan akan berguna untuk masa depannya.

Memang sih, mencoret tembok rumah akan membuat rumah Anda terlihat berantakan dan tidak rapih. Tetapi, jika ini untuk kebaikan masa depan anak Anda, menangapa Anda tidak mulai menggunakan properti yang tepat pada kamarnya?

Properti Penting di Kamar Anak

Pada masa pertumbuhan, anak-anak selalu melakukan banyak hal yang bisa terbilang akan merusak barang-barang di rumah. Namun, jika Anda menyiapkan barang yang tepat pada tempat bermain atau kamarnya, hal ini bisa terhindari. Tentunya properti yang aman dan bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak dengan baik. Anda pasti ingin anak Anda menjadi seseorang yang tenang dan berhasil dari hal yang terkecil. Berikut adalah beberapa properti yang tepat untuk Anda siapkan di kamar anak Anda!

1. Papan Tulis pada Dinding

Mungkin Anda pernah mengunjungi suatu cafe yang dindingnya penuh dengan tanda datang para pengunjung. Jika Anda pikir lagi, tentu ini akan bermanfaat jika memilikinya pada dinding kamar anak Anda. Banyak cara untuk membuat papan tulis ini dengan mudah, Anda bisa membeli atau membuatnya. Anda bisa membeli papan kayu dengan cat hitam khusus untuk kapur atau men-cat dinding dengan cat anti air atau mengkilap agar dinding yang tercoret bisa Anda lap dengan bersih.

2. Rak Buku yang Rendah

Sediakan buku-buku berwarna dan bergambar di kamar anak Anda. Ini akan menumbuhkan rasa imajinasi dan kreativitas anak dari apa yang mereka lihat. Tentu saja meskipun Anda menyiapkan banyak buku, jika tidak tersusun untuk apa?

Anda bisa menyusun buka pada rak yang bisa terjangkau oleh anak-anak. Tidak terlalu tinggi ukurannya, Anda bisa menyimpan untuk 2 sampai 3 baris buku. Ini juga bisa melatih anak untuk bisa merapihkan dan menyusun barangnya lagi.

3. Tema Kamar yang Berwarna

Anak kecil pasti memiliki ketertarikan pada banyak hal dari mulai melihat warnanya. Anda bisa menggunakan banyak perpaduan warna pada seluruh properti kamar. Misalnya seperti ranjang yang berwarna biru langit, rak buku yang berwarna pink dan bantal yang berwarna kuning. Baiknya warna dari tema yang Anda pilih merupakan warna yang terang namun tenang bagi anak Anda.

4. Ranjang Multifungsi

Jika Anda memiliki ruangan kamar untuk anak Anda tidak terlalu besar, itu tidak akan menjadi masalah jika Anda memiliki ranjang multifungsi. Anda bisa membeli ranjang yang memiliki laci pada bawahnya. Menaruh beberapa mainan, atau selimut tambahan pada laci tersebut akan membuat kamar anak tidak berantakan.

5. Meja Belajar

Meskipun anak Anda masih terbilang kecil, tidak adak salahnya untuk menyediakan fasilitas belajar. Meja belajar dengan ukuran yang kecil akan membuat anak Anda terbiasa untuk bersekolah nantinya. Selain itu, anak juga akan nyaman ketika mengajarkan anak Anda untuk menggambar atau menulis. Keberadaan meja ini tentu menjadi penting daripada anak Anda harus belajar dengan terlentang bukan?

6. Foto-foto Kegiatan Anak

Buat kenangan hebat bagi anak Anda yang akan mengingatkan masa kecilnya nanti! Ketika masih kecil, anak-anak pasti sering melakukan banyak hal yang lucu terutama ketika masa pertumbuhannya. Anda bisa memasang foto-foto kegiatan anak Anda seperti ketika menggambar atau bermain air.

Selain itu Anda bisa menyimpan foto keluarga yang berukuran kecil pada kamar anak Anda. Ini berguna untuk menanamkan jati diri anak Anda dan mengenal keluarganya sendiri.

7. Simpan Barang Kesukaan atau Hobi

Apa barang kesukaan anak Anda? Boneka? Mobil mainan? Atau papan lukis? Banyak sekali hal yang tentunya bisa menjadi barang favorit atau penunjang hobi anak Anda. Ini harus menjadi properti tambahan bagi kamar anak Anda agar bisa mengetahui apa kesukaannya. Minimal Anda bisa menyediakan barang mainan yang sesuai dengan gendernya.

Selain itu Anda bisa juga memajang  gambar atau lukisan anak Anda pada dinding atau lemari kamar anak Anda. Ini akan membuat anak menjadi bersemangat dengan mimpinya.

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our newsletter